Saturday, November 23, 2019

Ke Manakah Harus Memeriksakan Diri Saat Badan Pegal Seperti Rematik?


Nyeri pada tubuh, terutama daerah punggung, lengan atau bahu sering merupakan tanda arthritis. Namun, pemeriksaan khusus diperlukan untuk memastikan bahwa tubuh terasa sakit Anda disebabkan oleh arthritis.

Beberapa orang mungkin tidak tahu di mana untuk berkonsultasi tentang masalah ini. Jika Anda mengalami kondisi serupa, mempertimbangkan informasi berikut untuk menentukan langkah selanjutnya.

Check up ketika tubuh terasa sakit seperti rematik

Istilah ini umumnya mengacu untuk itu penyakit rematik dalam dunia medis dikenal sebagai arthritis. Ada lebih dari seratus jenis arthritis, tetapi yang paling sering adalah osteoarthritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA).

RA dan OA keduanya deplesi dan kerusakan pada sendi bantalan. Perbedaannya adalah bahwa OA adalah kerusakan sendi yang timbul dengan usia.

Sementara RA adalah karena sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang bantalan sehingga kesehatan sendi.


Rematik, baik OA atau RA juga sama-sama bisa menyerang sendi di dalam tubuh. Oleh karena itu, kedua kondisi ini seringkali membuat tubuh kaku nuansa.

Namun, rasa sakit hanya salah satu gejala radang sendi. Yang pasti, sangat disarankan bahwa Anda menjalani pengujian jika ada gejala lain dari rheumatoid arthritis, serta nyeri tubuh, seperti:

  • tubuh terasa nyeri, kekakuan, atau mengalami pembengkakan di bagian.
  • Ada sendi yang terasa keras, kaku, kemerahan, atau hangat saat disentuh.
  • Kesulitan bergerak atau melakukan aktivitas sehari-hari.
  • badan terasa sakit selama tiga hari atau lebih.
  • tubuh terasa sakit selama beberapa kali sebulan.
  • Badan sering terasa kaku dan sakit di pagi hari.
  • Mengacu pada halaman Arthritis Foundation, kalian dapat menjalani pemeriksaan awal ini oleh dokter umum.

Namun, kadang-kadang sulit untuk mendiagnosa rematik sehingga dokter Anda dapat merujuk Anda ke dokter spesialis jika gejala sugestif.

Dokter yang mengkhususkan diri dalam arthritis disebut Pra Pra atau dokter. Mereka mengkhususkan diri dalam penyakit yang berhubungan dengan tulang, sendi, otot dan jaringan lunak.

Pemeriksaan medis Pra akan memastikan bahwa gejala sakit tubuh Anda mengalami berhubungan dengan rematik.

Skrining dapat dilakukan tes darah, X-ray, USG, computed tomography, resonansi magnetik.

Tubuh menyebabkan nyeri Selain arthritis


Dalam beberapa kasus, rasa sakit atau nyeri tubuh dapat menunjukkan masalah kesehatan yang serius, tetapi tidak arthritis. Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan arthritis dalam tubuh Anda:

ankylosing spondylitis

Kondisi ini menyebabkan peradangan kronis dari tulang belakang, terutama pada sendi dekat pinggul dan pinggang.

asam urat

kristal asam urat dapat terakumulasi dalam sendi dan menyebabkan rasa sakit. Meskipun terutama mempengaruhi jari kaki dan lutut, asam urat juga dapat terjadi pada sendi-sendi tubuh.

Tanpa harus melakukan pemeriksaan khusus, tubuh sakit tunggal keluhan tidak bisa langsung pastikan sebagai rematik, karena asam urat juga memiliki gejala yang sama.

fibromyalgia

Masih terkait dengan rheumatoid arthritis, penyakit ini menyebabkan kelesuan dan nyeri di berbagai otot-otot tubuh. Bagian-bagian tubuh yang paling sering terkena adalah bagian belakang pinggang.

osteoporosis

Usia, jarang berolahraga dan kurang kalsium dapat menyebabkan keropos tulang, yang disebut osteoporosis. Secara bertahap, tulang menjadi rapuh dan rentan terhadap cedera.

scoliosis

Scoliosis terjadi ketika tulang belakang bengkok ke satu sisi atau bentuk kondisi S. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit pada tubuh kaku.


Pemeriksaan tubuh selain sebagai akibat dari rasa sakit rematik tidak harus dilakukan oleh dokter reumatologi. Sebelum mengunjungi spesialis, Anda dapat menjalani pemeriksaan awal oleh dokter umum.

Dokter umum dapat memberikan rujukan ke spesialis seperti dalam kasus rematik.

Tergantung pada hasil penyelidikan awal, referensi dapat tertarik oleh dokter rheumatologist, ahli saraf, ahli bedah, dan sebagainya.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa gejala nyeri tubuh yang menyerupai rematik harus ditangani oleh dokter umum pertama.

Mengacu pada hasil penyelidikan awal, dokter umum dapat menentukan apakah Pra pemeriksaan medis diperlukan.

No comments:

Post a Comment